Selasa, 05 Juli 2011

BMT Daarut Tauhiid Bandung


BMT atau Data Baitul Mal wa Tamwil merupakan Divisi Usaha dari Kopontren Daarut tauhiid yang telahmemiliki izin operasi dari PINBUK (Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kecil) denganNomor : 1009003/PINCUK/IV/96.
Adapun dalam pengelolaannya Data Baitul Mal wa Tamwil mengadopsi pada sistem manajemen Perbankan Syari’ah, yaitu beroperasi dengan sistem bagi hasil, tidak dengan penetapan suku bunga.

Tujuan awal berdirinya adalah sebagai lembaga keuangan syari’ah yang mempunyai tujuan untuk membantu keuangan dan pembinaan pengusaha kecil (mikro)yang sulit mendapatkan kredit dari Bank. Hal ini sudah menjadi komitmen Data Baitul Mal wa Tamwil (BMT Daarut Tauhiid) dalam menjalankan fungsinya sebagai lembaga keuangan syari’ah yang produktif dalam skala mikro.
Padatahun 2002, perkembangan Usaha BMT menunjukan perkembangan yang signifikan.Berkat kepercayaan dari Jama’ah dan Masyarakat sekitar Daarut Tauhiid, untuk semester I tahun 2003 BMT telah mencapai Asset 2.8 Miliar dari Modal awal yang hanya Rp. 250.000,- (sekitar tahun 1994).
Dalam transaksi harian, perputaran dana di BMT dalam bulan April 2003 ini telah mencapai 8 Miliar
Dengan pelayanan yang hangatdan penuh persaudaraan dari para santrinya, dalam waktu yang relatif pendek BMT telah mengalami perkembangan yang bernilai dibanding dengan BMT-BMT yang ada kota Bandung.
inilah layanan bagi umat merindukan kesejukan dan kebeningan hati,mudah-mudahan segala usaha ini memberikan makna bagi perubahan ekonomi dan Moral Ummat

1 komentar:

  1. Assalamualaikum wr. Wb
    Saya mau bertanya apakah di bmt dt ada pinjaman untuk pedagang micro

    BalasHapus